Immaculata, Maria and Foo, Mariana (2024) Terapi Bermain Transformatif: Studi Kasus tentang Dampak Pengaturan Emosi dan Ekspresi Kreatif pada Anak. In: Play Therapy Asia Conference 2024 “Deeply Connected Through Play”, 25-27 Oktober 2024, Bali.
9 Terapi Bermain Transformatif Studi Kasus tentang Dampak Pengaturan Emosi dan Ekspresi Kreatif pada Anak.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (302kB)
Abstract
Di tingkat internasional, berbagai penelitian dilakukan untuk melihat efektivitas terapi bermain dalam meningkatkan
kompetensi sosial dan emosional anak serta mengurangi perilaku bermasalah. Namun, penelitian mengenai efektivitas
terapi bermain di Indonesia masih terbatas. Penelitian ini mengkaji efektivitas terapi bermain melalui studi kasus
terhadap seorang anak berusia 6 tahun yang mengalami tantangan regulasi emosi, perhatian, dan perilaku. Dengan
menggunakan pendekatan non-direktif Axline dan teori keterikatan Bowlby, terapi bermain dilaksanakan dalam 18
sesi. Data dikumpulkan melalui observasi proses terapi, wawancara dengan ibu, dan skor Kuesioner Kekuatan dan
Kesulitan (SDQ) untuk melihat perubahan yang terjadi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terapi bermain menghasilkan perubahan positif pada kemampuan regulasi emosi anak, interaksi sosial, kepercayaan diri, fokus, serta keterampilan pemecahan masalah. Penelitian ini memberikan dukungan empiris terhadap efektivitas terapi bermain
dalam mendukung perkembangan emosional dan perilaku anak. Studi ini diharapkan dapat berkontribusi pada pengembangan praktik terapi bermain di Indonesia, khususnya untuk anak-anak dengan tantangan serupa.
| Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Terapi Bermain; Regulasi Emosi; Perkembangan Ana;, Intervensi Perilaku |
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
| Divisions: | Prosiding > Bimbingan Konseling |
| Depositing User: | Riko Suari |
| Date Deposited: | 07 Nov 2025 03:25 |
| Last Modified: | 07 Nov 2025 03:25 |
| URI: | https://repository.bentaracampus.ac.id/id/eprint/22 |
