Analisis Dampak Tekanan Orang Tua Terhadap Guru: Studi Kasus pada Sekolah Dasar

Mulyadi, Deden (2024) Analisis Dampak Tekanan Orang Tua Terhadap Guru: Studi Kasus pada Sekolah Dasar. In: Play Therapy Asia Conference 2024 “Deeply Connected Through Play”, 25-27 Oktober 2024, Bali.

[thumbnail of Analisis Dampak Tekanan Orang Tua Terhadap Guru: Studi Kasus pada Sekolah Dasar] PDF (Analisis Dampak Tekanan Orang Tua Terhadap Guru: Studi Kasus pada Sekolah Dasar)
8 Analisis Dampak Tekanan Orang Tua Terhadap Guru Studi Kasus pada Sekolah Dasar.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (270kB)

Abstract

Guru memiliki peran yang besar dalam pendidikan peserta didik sekolah, dimana ada tuntutan peran tersebut dari pihak
manajemen sekolah dan orangtua. Dukungan yang positif akan membantu guru merasa ringan dalam menjalankan
perannya, namun sebaliknya jika ada banyak tuntutan dari berbagai pihak akan membuat guru merasa terbebani.
Tuntutan yang paling banyak datangnya dari orangtua, hal itu akan mempengaruhi pada kondisi guru dalam
menjalankan tugasnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis lebih dalam dampak tekanan orangtua pada guru
yang mengajar di Sekolah Dasar (SD). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus.
Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan observasi. Partisipan penelitian berjumlah 1 orang yaitu guru
Sekolah Dasar yang mengajar di kelas 4 (empat). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan ditemukan beberapa
dampak yakni guru merasa tertekan yang akhirnya membuatnya stress, adanya perasaan meragukan akan kemampuan
diri sendiri akibat komentar orangtua, mengganggu kinerjanya menjadi kurang optimal saat mengajar, dan adanya perasaan emosi terhadap peserta didik yang orangtuanya menyampaikan keluhan secara langsung. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa tekanan yang tidak dikelola dengan baik dapat mengganggu stabilitas emosional, hubungan sosial, dan profesionalisme guru dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, penting bagi pihak sekolah untuk menyediakan dukungan struktural dan psikologis bagi guru agar mereka dapat menjalankan perannya secara optimal.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Dampak Tekanan Orangtua; Guru; Sekolah Dasar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Prosiding > Pendidikan Inklusi
Depositing User: Riko Suari
Date Deposited: 07 Nov 2025 03:24
Last Modified: 07 Nov 2025 03:24
URI: https://repository.bentaracampus.ac.id/id/eprint/21

Actions (login required)

View Item
View Item