Charles, Andria and Foo, Mariana (2024) Keheningan dalam Terapi Bermain: Studi Kasus Tentang Pertumbuhan Emosional pada Anak dengan Kecemasan. In: Play Therapy Asia Conference 2024 “Deeply Connected Through Play”, 25-27 Oktober 2024, Bali.
7 Keheningan dalam Terapi Bermain Studi Kasus Tentang Pertumbuhan Emosional pada Anak dengan Kecemasan.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
Abstract
Terapi bermain adalah pendekatan terapeutik yang menggunakan permainan sebagai medium untuk membantu anak-anak mengekspresikan emosi dan pengalaman mereka secara bebas. Pendekatan ini memberikan ruang aman bagi anak-anak untuk memproses kecemasan yang memengaruhi regulasi emosi dan kemampuan sosial mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas terapi bermain dalam mengatasi kecemasan dan masalah perilaku pada anak-anak. Penelitian menggunakan desain studi kasus kualitatif dengan dua partisipan: seorang remaja perempuan berusia 14 tahun dengan kecemasan sosial dan seorang anak laki-laki berusia 5 tahun yang sering tantrum dan menunjukkan perilaku menarik diri. Proses terapi dilakukan selama 24 sesi menggunakan pendekatan non-direktif, dengan durasi setiap sesi 45–60 menit, sebanyak satu sesi per minggu. Medium terapi melibatkan seni kreatif dan pasir, sedangkan data dikumpulkan melalui observasi langsung, dokumentasi proses bermain, dan supervisi terapeutik. Hasil menunjukkan bahwa kedua partisipan mengalami peningkatan signifikan dalam regulasi emosi, kemampuan sosial, dan keberanian mencoba hal baru. Partisipan remaja menunjukkan peningkatan partisipasi aktif di sekolah dan hubungan keluarga yang lebih baik, sementara partisipan anak laki-laki menunjukkan pengurangan perilaku tantrum dan keterlibatan sosial yang lebih besar. Penelitian ini menyimpulkan bahwa terapi bermain memberikan ruang aman yang mendukung pemrosesan emosional dan simbolisasi kecemasan, sehingga efektif dalam mengurangi kecemasan dan masalah perilaku pada anak-anak sekaligus mendorong pertumbuhan emosional melalui proses simbolik yang
terarah.
| Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Play Therapy; Child Anxiety; Emotional Regulation |
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
| Divisions: | Prosiding > Bimbingan Konseling |
| Depositing User: | Riko Suari |
| Date Deposited: | 07 Nov 2025 03:24 |
| Last Modified: | 07 Nov 2025 03:24 |
| URI: | https://repository.bentaracampus.ac.id/id/eprint/20 |
